Zero Limits-Joe Vitale

Kamis, 10 Desember 2009



Buku yg kubeli bbrp bulan lalu itu judulnya Zero Limits Karya Joe Vitale, 1 of my Guru. Udah dibaca beberapa kali, dan bahkan ditaruh di samping tempat tidur bersama buku2 inspiratif lainnya. Karena sebelum tidur aku punya kebiasaan baca buku, maka buku ini termasuk yang aku baca berkali-kali.

Inti dari buku ini adalah Ho'oponopono. Satu konsep yang dipelajari Om Vitale dari Dr Hew Len.

Lalu apa itu sih Ho'oponopono itu? Intinya (lah seneng bgt pake kata inti ya??) ttg konsep pensucian diri. Yang berbentuk proses pengampunan, pertobatan, dan transformasi. Untuk bisa mencapainya, kita terlebih dahulu harus dalam kondisi Nol, yaitu kondisi suci tanpa program atau kenangan, bahkan inspirasi sekalipun. Just Nol!

Masih gak ngerti kan?
Gini loh. Siap-siap tambah binun :)

Pada dasarnya, semua kejadian di dunia ini adalah tanggung jawab kita. Apapun itu, mau bencana kelaparan di afrika, mau longsor batu es di kutub, atau sampai si artis muda lokal yang dikabarkan sedang depresi, itu semua tanggung jawab kita. *Nah loh?? KOK BISA??, WEITTZZ Gak Bisa! Enak Aja!!*

Yang dimaksud dengan Tanggung Jawab sepenuhnya atas kehidupan kita adalah menerima SEMUAnya-Semua Bulet-bulet yang ada di hidup kita. Bahkan orang yang memasuki kehidupan anda, maka masalah mereka adalah masalah anda.
Jika anda mendengar, melihat berita, atau menonton langsung masalah di luar spt di afrika sana atau tayangan infotainment. Saat anda mendapat informasinya, berarti mereka sudah masuk dalam pengalaman anda, dalam kehidupan anda. Itulah kenapa menjadi tanggung jawab anda. *Whaatttt??*

Hmmm konsep yang bikin kejang kepala sekaligus emosi jiwa. Gimana gak, lah wong si artis yang depresi kok malah jadi tanggung jawab kita?? !#*()^&%^

Tenang Yul, terima aja dulu.

OK, kalau itu tanggung jawab kita? trus bagaimana kita merubah diri supaya dunia juga berubah??

NAH, good Question!! Inilah pointnya.

Yaitu proses pembersihan diri tadi. Menggunakan Mantra "Saya Mengasihimu". Inilah kunci penyembuhan. Terus mengucapkan dalam hati "Aku mengasihimu" terus dan terus.

Ditujukan pada siapa?

Pada Sang Ilahi, yang Maha Kasih.

Dengan pengulangan "Saya Mengasihimu, Saya menyesal, Maafkanlah saya, dan Terimakasih.

Pls note : Tidak dikatakan pada Orang, tetapi kepada Sang Ilahi. Ingat, gagasannya adalah membersihkan energi.

Dr Hew Len sendiri, dengan konsep Ho'oponopononya ini mengajari kita untuk melepaskan keduniawian, keegoisan kita. Kemudian mempercayai Yang Ilahi dengan tak henti2nya membersihkan semua pikiran. Serta pengalaman yang muncul kepermukaan saat berusaha mendengarkan Yang Ilahi, berusaha menikmati Kekinian Kita.

Hmmm sama lah dengan ajaran The Power of Now-nya Tolle ya.

Dengan Ho'oponopono-nya ini Dr Hew juga mengajari kita untuk bertanggung jawab dalam bentuk Do'a. Doa memohon pengampunan atas apapun dalam diri kita yang menyebabkankeadaan di luar. Doa-lah yang menghubungkan kita dengan Sang Ilahi, Cahaya di atas Cahaya, Sang Pemilik, whatever u name it.

Dibagian akhir buku tsb juga tersirat pengakuan dari seorang Vitale.
Simak penuturannya (menarik nih) :
"Dalam The Attractor Factor, misalnya, saya memuji kekuatan keinginan. Sekarang, Bertahun-tahun setelah menulis buku itu, saya tahu keinginan adalah sebuah permainan orang bodoh, sebuah mainan ego, dan bahwa sumber kekuatan yang sebenarnya adalah inspirasi.
Saya juga tahu bahwa menyetujui kehidupan merupakan rahasia besar menuju kebahagiaan bukannya mengendalikan kehidupan.
Terlalu banyak orang termasuk saya sendiri, melakukan visualisasi dan afirmasi supaya dapat menggerakkan dunia. Sekarang saya tahu itu tidak perlu. Lebih baik anda mengikuti aliran sambil terus menerus membersihkan apapun yang terjadi"


Wow!!!

Nah sebelum jauh2 membedah ilmu Dr Hew len, kita yang muslim, pasti tahu yang namanya Zikir. Mengingat. Eling. Nyebut.

Dilakukan dalam hati dan dicetuskan dengan lisan kata-kata ungkapan tasbih tahlil, tahmid. Di dalam zikir kita terkandung makna yang sangattt dalam. Makna kecintaan kita, makna memohon pengampunan, makna kepasrahan diri. Zikir yang mengingatkan kita akan makna hakiki kehidupan, makna ruhanian kita. The Power of Zikir.

Zikir adalah proses menuju kepasrahan atau zero level kita sebagai pembuka menuju pengampunan. Juga memberikan tuntunan kita kepada jati diri sesungguhnya, menuntun kepada sumber cahaya.
"Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah,
zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan
petang. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan
ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya
(yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang
beriman". (QS 33:41-43)


Om Vitale terkagum2 dan tertakjub2 dengan pemikiran Ho'oponopono ini. Beliau bahkan mengatakan sebagai
suatu Anugrah yang luar biasa. Maka kita sebagai muslim yang sudah lama mengenal konsep Zikir, seharusnya merasa diingatkan kembali.
Kembali kepada Zikir kita.
Yuk berZikir.

Well, cuma mau sharing aja. Yang pasti, membaca buku tsb akan jauh lebih menarik, akan jauh lebih bermanfaat. Karena akan mendapatkan uraian langsung dengan lumayan detil. Apalagi Om Vitale kan masternya Hypnowriting, otomatis membaca bukunya sangatlah menarik, dan membuat kita keep reading, walau pembahasan yang cukup berat dan tidak biasa.

Apapun bukunya, apapun teori dan ilmunya, yang membawa manfaat adalah yang dipraktekan. Dan yang paling bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan. Maaf kepada teman2 yang meminta pembahasannya, baru sekarang kesampaian.


Salam
Yulia Astuti
sumber gambar : bukabuku.com

3 komentar:

ekka ir 25 Januari 2016 pukul 07.05  

Mbak penjelasannya mbikin saya paham. Saya juga mikir konsep ho'oponopono ini seperti konsep dzikir kepada Allah ya...

Unknown 9 November 2016 pukul 01.29  

Assalamualaikum perkenalkan nama saya yanti saya sdh mempraktekkan 4 kalimat cinta dari maretv2015 saya ikut kls training ttg kejaiban lwat wa di saat saya dalam ujian kaki tdk bisa jln dan alhamdulillah tanpa k dokter sdh sembuh tp akhir2 ini sempat agak ragu apakah saya salah ikut kls ini krn yg mengajar agama kristen dan banyak sharing dari injil tp saya memohon pd allah u diberi petunjuk slah kah saya kalo saya ttp mengucapkan 4 kalimat cinta itu krn begitu dasyatnya yg saya dapatkan akhirnya saya dapatkan artikel mba yulia membuat saya yakin bahwa 4 kalimat cinta itu adalah zikir yg ada di asmaul husna sifat2 allah.terima kasih yulia semoga kita bisa bertemu

Unknown 9 November 2016 pukul 01.29  

Assalamualaikum perkenalkan nama saya yanti saya sdh mempraktekkan 4 kalimat cinta dari maretv2015 saya ikut kls training ttg kejaiban lwat wa di saat saya dalam ujian kaki tdk bisa jln dan alhamdulillah tanpa k dokter sdh sembuh tp akhir2 ini sempat agak ragu apakah saya salah ikut kls ini krn yg mengajar agama kristen dan banyak sharing dari injil tp saya memohon pd allah u diberi petunjuk slah kah saya kalo saya ttp mengucapkan 4 kalimat cinta itu krn begitu dasyatnya yg saya dapatkan akhirnya saya dapatkan artikel mba yulia membuat saya yakin bahwa 4 kalimat cinta itu adalah zikir yg ada di asmaul husna sifat2 allah.terima kasih yulia semoga kita bisa bertemu

Posting Komentar

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP