Rahasia Ilmu Tertinggi

Kamis, 17 Desember 2009

“Cinta kasih merupakan inti kekuatan daya hidup, inti kekuatan daya pertumbuhan, dan inti kekuatan daya penyembuhan.”

Bertahun-tahun yang lalu saya membaca kata-kata tersebut pada Cover “Piagam Kenaikan Tingkat” Perguruan Silat PGB Bangau Putih. Kata-kata itu merupakan salah satu poin pada Mukadimah Guru Besar yang diciptakan pendiri Perguruan ini yaitu Suhu Subur Rahardja (alm). Pada waktu itu saya tidak dapat memahami mengapa Cinta Kasih itu dikatakan sebagai inti dari kekuatan kehidupan. Akan lebih mudah dipahami oleh saya apabila dikatakan bahwa inti dari kekuatan itu adalah segala macam disiplin seperti: keteguhan hati, kemauan yang kuat, keuletan, dsb.

Sekarang saya baru menyadari kedalaman makna dari pernyataan itu, ketika saya membaca buku “Zero Limits” yang ditulis oleh Joe Vitale. Dalam buku ini saya menemukan kenyataan yang lebih aneh lagi mengenai kekuatan Cinta Kasih. Buku ini mengisahkan tentang seorang psikolog yang berhasil menyembuhkan sebangsal penuh narapidana yang sakit jiwa tanpa pernah melihat seorangpun dari mereka secara profesional. Apa yang dilakukan Terapis tersebut (Dr. Hew Len) dalam pekerjaannya di Rumah Sakit Negara Bagian Hawaii adalah memeriksa catatan-catatan mereka. Sementara ia melihat catatan-catatan itu, ia hanya mengatakan “Saya Mengasihimu” berulang-ulang. Saya tahu itu sulit dipercaya. Akan tetapi ada lebih dari itu, dalam buku itu juga dikisahkan tentang seseorang bernama Marvin yang berasal dari Philipina. Dia menjual mobil mewah seharga $150 juta setahun tanpa berusaha menjual apa pun kepada siapa pun. Yang dilakukannya hanyalah mengatakan “Saya Mengasihimu” sepanjang hari.

Kita tetap harus bersikap kritis dalam membaca buku tsb, saya hanya ingin mengungkapkan kembali salah satu unsur terkuat untuk perubahan yaitu : Cinta Kasih. Asumsi dasar dari Metode ini adalah: Setiap tindakan yang kita ambil berasal dari dua sumber yaitu: inspirasi atau memori. Inspirasi merupakan pemikiran yang datang karena kejernihan batin Anda. Sedangkan memori adalah suatu program lama yang telah terbentuk dalam pikiran bawah sadar Anda.

Biasanya setiap tindakan atau respon seseorang merupakan reaksi yang didasari memori. Permasalahannya adalah banyaknya program lama dalam memori Anda yang bersifat negatif. Kita memiliki banyak program yang menghambat objektifitas dan kejelasan. Carolyn Myss dalam buku Anatomy of the Spirit, berbicara tentang “terikat” pada masa lalu. Jika ada situasi dalam kehidupan Anda di mana Anda merasa sakit hati, tersiksa, atau urusan yang tidak tuntas, Anda mungkin masih membawa persoalan itu kemana-mana. Anda masih terikat pada masa lalu. Perasaan sakit hati Anda akan menarik lebih banyak hal yang akan membuat Anda merasa kecewa dan sakit hati lagi. Jika Anda menemukan diri Anda terus-menerus menciptakan kembali peristiwa-peristiwa serupa: kegagalan, kekecewaan, kepahitan, dsb, Anda tahu bahwa Anda terjebak dalam pola energi yang akan terus menciptakan peristiwa-peristiwa seperti itu sampai pola energi itu terurai.

Metode Dr. Hew Len dapat berguna untuk melepaskan energi yang bersifat racun dalam diri Anda untuk mengijinkan munculnya dampak, gagasan, kata, perbuatan, dan tindakan terilhami. Jadi jelas menjernihkan hambatan batin Anda adalah rahasia terpendam untuk mewujudkan segala sesuatu yang Anda inginkan. Saat Anda memperoleh kejernihan, Anda dapat mewujudkan hal-hal yang Anda inginkan. Segala sesuatu yang kita alami merupakan proyeksi diri kita. Satu-satunya cara untuk memperbaiki apa pun yang ada diluar adalah dengan memperbaiki diri kita. Dan salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki diri Anda adalah dengan mengatakan “Aku Mengasihimu.” Dalam kata-kata sederhana “Aku Mengasihimu” ada tiga unsur yang dapat mengubah apa pun. Unsur-unsur itu adalah rasa terimakasih, penghargaan dan perubahan. Ungkapan tersebut bagaikan kata-kata ajaib yang membuka kunci gabungan kelimpahan alam semesta. Ketika mendeklarasikannya, kita akan membersihkan dan menghapus semua program negatif. Seperti yang dikatakan James Arthur Ray: ”Jawaban atas semua tantangan kehidupan adalah kasih sayang dan rasa syukur yang mendalam.” Mengapa? Karena berdasarkan hukum tarik-menarik, perasaan kasih sayang dan syukur akan menarik lebih banyak kasih sayang dan hal-hal yang akan membuat Anda lebih besyukur.

RAHASIA KEMAKMURAN

Setiap orang akan hidup berkelimpahan kalau batin mereka bersih. Kalau mereka sampai bangkrut mereka tidak bersih. Mereka memiliki program yang menghambat kesejahteraan mereka. Kenangan negatif tentang uang dapat menjauhkan uang. Anda akan memilikinya kalau Anda merasa layak menerimanya, kenangan yang bermunculanlah yang menahannya dari Anda. Untuk menjadi bersih teruslah mengatakan “ Saya mengasihimu”. Bukan kepada uang. Anda mengatakannya kepada TUHAN, kepada Kehidupan.

MENJADI TIDAK BISA DISAKITI“Ketika seseorang teguh pantang menyakiti orang lain, semua mahluk hidup akan berhenti merasakan permusuhan di hadapannya.”

Patanjali

Semua mahluk hidup akan berhenti merasakan permusuhan di hadapan seseorang yang tidak berpikir atau bertindak menyakiti. Pernyataan pantang menyakiti ini mencakup bukan saja perbuatan nyata menyakiti tetapi juga pikiran-pikiran iri, menghakimi, dan melukai dengan cara apa pun. Teguh menyangkal kekerasan dalam pikiran dan dalam semua interaksi dengan orang lain akan menciptakan suasana di mana semua permusuhan sirna karena tidak berbalas.

Hal ini bahkan berpengaruh terhadap kerajaan binatang ketika kita teguh bersikap seperti itu. Anda mungkin pernah mendengar kisah mengenai Santo Fransiscus dari Asisi yang menjinakan kawanan serigala liar yang membantai ternak, hanya dengan kehadirannya. Selain itu burung merpati terbang ke tangannya dan berbagai binatang liar merasakan kasih sayang memancar darinya dan berhenti merasakan permusuhan.

Saya membaca dalam sebuah situs bahwa suatu ketika sang Suhu pernah berkata: “Ini adalah sesi terakhir latihan. Hari ini saya akan menunjukkan kepada Anda ilmu silat tertinggi saya.” Saya tidak tahu apakah yang dimaksudkannya berhubungan dengan tenaga Cinta Kasih seperti yang diungkapkan dalam pernyataan Mukadimah seperti yang sudah kita bahas di atas. Yang penting bagi saya adalah sekarang saya memahami arti kekuatan Cinta Kasih. Sekarang ungkapan “Aku Mengasihimu” memiliki makna baru bagi saya. Seperti ada tertulis “Berbahagialah orang yang lemah lembut hatinya, karena ia akan memiliki bumi.”

“Saya Mengasihimu.”

Stephen Barnabas

1 komentar:

Unknown 12 Juli 2021 pukul 01.54  

Saya pun mengasihimu saudaraku

Posting Komentar

  © Blogger template On The Road by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP